Pengalaman Memesan Kamar Lewat Booking.com

Di bulan Maret kemarin, saya ada keperluan untuk pergi ke Jakarta. Tidak lama, hanya 2 malam. Sebenarnya bisa saja 1 malam, tapi rasanya kok sebentar sekali ya, tidak berasa hehehe.

Lalu mikir kemudian, “Mo nginap di mana nanti ya?” Lokasi kantor yang mau didatangi ada di daerah Jakpus, sekitaran Monas. Mikir pula, “Kalau belum dapat kamar hotel dari sekarang, apa gak ribet nanti nyari-nyari di sananya?” Akhirnya, daripada pusing-pusing, saya coba browsing dan googling untuk mencari kamar hotel yang sesuai dengan budget kantong.

Kalo berbicara pemesanan kamar hotel via online, maka situs yang paling saya ingat adalah Wego dan Agoda. Itu 2 situs yang paling saya ingat ya, tapi nyatanya saya sendiri belum pernah sekalipun memesan kamar secara online. Kenapa? Alasannya simple, belum percaya alias masih takut kena tipu hehehe. Ketakutan ini saya rasa wajar, karena pemesanan kamar hotel via online itu pastilah menggunakan CC alias Credit Card alias Kartu Kredit. Menggunakan informasi yang di dalamnya tentu haruslah dengan kehati-hatian yang sangat, karena bila tidak maka kita sendiri yang akan menanggung resikonya nanti. Ketakutan yang lain adalah, bahwa kita sudah kena charge dari awal, padahal kita sendiri belum tahu akankah pemesanan kita tersebut akan dijamin atau tidak oleh pihak situs. Berdasarkan googling blog yang menceritakan pengalaman orang lain, ada beberapa kasus di mana pemesanannya justru gagal.

Lalu terlihatlah saya sebuah website bernama Booking.com. Baca-baca lebih banyak di dalam situsnya, maka saya mendapatkan info bermanfaat bahwa Booking.com ternyata memberikan 2 keuntungan yang mungkin tidak saya dapatkan dari Wego dan Agoda, yaitu:

  1. Harga yang tertera sudah FIX tanpa ada tambahan lainnya (include pajak dll). Jika dibandingkan dengan Agoda, harga yang tertera di web itu belumlah termasuk pajak, sehingga perlu proses lagi untuk mengetahui harga FIX-nya.
  2. Pesan sekarang, bayarnya waktu menginap! info ini yang menurut saya menggiurkan, dan relatif aman untuk newbie seperti saya (walaupun tentu ada resikonya juga).

Akhirnya, saya tetapkan hati untuk memesan kamar melalui Booking.com. Kembali saya cari-cari kembali hotel yang lokasinya di dekat Monas, dengan budget rendah, dan pilihan saya jatuh pada sebuah hotel bernama Maven Gunung Sahari, Kamar Standard Single seharga cuma 160,000 IDR per Malam 🙂

Yang sama dalam pemesanan kamar hotel di Booking.com adalah kita juga harus memasukkan data CC sebagai jaminan. Yang beda adalah, tagihannya tidak langsung dipotong sebelum hari H pemesanan. Kita juga bisa memilih untuk melakukan pembayarannya nanti lewat cara Cash atau melalui CC.

Setelah memesan kamar untuk 1 malam (tidak langsung 2 malam), saya mendapatkan konfirmasi dari Booking.com melalui email yang kemudian saya cetak untuk dibawa ke Jakarta. Saya juga mendapatkan nomor telepon dan email Hotel yang saya booking, sehingga memudahkan saya nantinya untuk berhubungan langsung.

Pada hari H pemesanan kamar hotel, alhamdulillaah semua berjalan lancar dan aman. Kamar yang saya pesan memang sesuai dengan foto-foto yang ditampilkan pada Booking.com, sehingga tidak ada kekecewaan. Saya juga memilih melalukan pembayaran Cash, dan saya pastikan pada pihak Hotel untuk tidak men-charge CC saya. Sebagai bukti, Bon Pembayaran kamar hotel saya simpan untuk berjaga bila ada masalah di kemudian hari.

Insya Allaah, di kemudian hari saya sudah mulai percaya untuk memesan kamar hotel secara online. Mungkin nanti mau mencoba situs Wego dan Agoda, asal ada penawaran yang menggiurkan hehehe.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua 🙂

3 thoughts on “Pengalaman Memesan Kamar Lewat Booking.com

Tinggalkan komentar