Pengalaman Membuat Paspor Secara Online (bag. 2)

Pada artikel Pengalaman Membuat Paspor Secara Online (bag. 1), saya telah menjelaskan tips dan cara pendaftaran Layanan Paspor secara Online melalui situs http://www.imigrasi.go.id berdasarkan pengalaman saya pribadi, hingga akhirnya kita mendapatkan email konfirmasi yang terlampir di dalamnya Tanda Terima Pra Permohonan. Selanjutnya, salah satu dari Tanda Terima Pra Permohonan tersebut (jumlahnya ada 2) kita bawa untuk membayar biaya pembuatan/penggantian Paspor di BNI. Pembayaran haruslah dilakukan sendiri di BNI, tidak bisa melalui ATM atau Online Banking.

Biaya pembuatan dan penggantian Paspor adalah sama, yaitu sebesar 255,000 Rupiah plus tambahan 5,000 Rupiah untuk biaya Administrasi Bank, sehingga totalnya adalah 260,000 Rupiah. Setelah itu, kita akan mendapatkan lembar bukti pembayarannya dari BNI, jangan lupa pula untuk dibawa ketika pergi ke Kantor Imigrasi nantinya.

Pada hari dan tanggal yang telah kita tentukan sendiri, datanglah ke Kantor Imigrasi di pagi hari dengan membawa:

  • Tanda Terima Pra Permohonan yang terdapat dalam email konfirmasi
  • Bukti Pembayaran BNI
  • Dokumen Asli dari semua dokumen yang kita upload di saat pendaftaran Pra Permohonan Personal Paspor Online
  • Map berwarna Coklat Muda tulis nama lengkap di depannya, satu Map untuk satu Orang
  • Materai 6,000 Rupiah untuk Surat Pernyataan Belum Pernah Memiliki Paspor bagi yang ingin membuat Paspor baru (bagi yang ingin mengganti Paspor lama tidak perlu Surat Pernyataan ini), satu Materai untuk satu Surat Pernyataan dan untuk satu Orang
  • Materai 6,000 Rupiah untuk Surat Pernyataan Orangtua bagi yang ingin membuat Paspor untuk anak kecil, satu Materai untuk satu Surat Pernyataan Orangtua dan untuk satu Anak kecil
  • Pulpen bertinta hitam, jangan lupa membawa ini untuk pengisian ulang formulir di Kantor Imigrasi

Di samping semua bawaan tersebut di atas, siapkan juga fotocopy-annya juga (walaupun sebenarnya saya yakin bahwa ini adalah kewajiban dari Kantor Imigrasi, tetapi di tempat saya mengurus hal ini justru malah menjadi kewajiban kita sebagai pemohon).

  • Fotocopy KTP sepenuh lebar/width kertas A4 (kertasnya jangan dipotong), untuk anak kecil; copy-kan KTP kedua orangtua (ayah dan ibu) dalam satu lembar
  • Fotocopy Kartu Keluarga satu Copy untuk satu Orang
  • Fotocopy Buku Nikah semua halaman (tidak perlu copy cover), satu Copy untuk satu Orang
  • Fotocopy Akta Kelahiran wajib untuk anak kecil (bisa digantikan dengan copy Ijazah Terakhir untuk orang dewasa yang belum menikah), satu Copy untuk satu Orang
  • Fotocopy Ijazah Terakhir bagi yang belum menikah (bisa digantikan dengan copy Akta Kelahiran), satu Copy untuk satu Orang
  • Fotocopy Paspor Lama bagi yang telah memiliki Paspor sebelumnya. sayangnya saya lupa bagaimana format copy Paspor Lama, mungkin bisa ditanyakan ke petugas fotocopy yang terdapat di sekitar Kantor Imigrasi, satu Copy untuk satu Orang

Hari Pertama di Kantor Imigrasi

Hal pertama yang kita lakukan di Kantor Imigrasi adalah meminta hal-hal berikut, yaitu:

  • Formulir Pendaftaran
  • Surat Pernyataan Belum Pernah Memiliki Paspor bagi yang ingin membuat Paspor baru
  • Surat Pernyataan Orangtua bagi yang ingin membuat Paspor untuk anak kecil

Untuk mendapatkannya, kita harus menunjukkan Dokumen Asli yang saya sebutkan di atas (serta fotocopy-annya), dan semuanya sudah harus rapi tersusun dalam Map berwarna Coklat Muda. Pastikan bahwa satu Map berlaku untuk satu Orang, tulis nama lengkap di bagian depan.

Tentang bagaimana cara pengisian Formulir Pendaftaran bisa dilihat di Kantor Imigrasi tersebut, biasanya ada contoh pengisian yang dipajang di dinding. Untuk anak kecil yang mau dibuatkan Paspor, Surat Pernyataan Belum Pernah Memiliki Paspor ditandatangani oleh dan atas nama Ayah, sementara untuk Surat Pernyataan Orangtua ditandatangani oleh dan atas nama Ayah serta Ibu (satu di sebelah kanan dan satunya lagi di sebelah kiri, menyentuh materai yang dipasang).

Setelah mengisi Formulir (dan atau Surat Pernyataan), maka kita serahkan semua dokumen tersebut pada loket yang memang dikhususkan bagi pemohon via Online, tidak perlu mengambil nomor antrian seperti pemohon lainnya. Setelah beres, kita akan diminta datang kembali keesokan harinya untuk sesi Foto dan Wawancara.

Hari Kedua di Kantor Imigrasi

Pada Hari Kedua di Kantor Imigrasi, saya beserta istri dan kedua anak datang pukul 07.00 WIB untuk mengantri mendapatkan nomor urut panggilan. Ada 2 (dua) barisan antrian, barisan yang pertama bagi mereka yang ingin menyerahkan berkas/dokumen (karena tidak melalui pendaftaran Online) dan barisan kedua bagi mereka yang hendak mengikuti sesi Foto dan Wawancara, saya masuk dalam barisan antrian ini.

Tepat pada pukul 08.00 WIB, kantor pun dibuka, saya beserta keluarga mendapatkan nomor urut panggilan B10 hingga B13 dan nomor urutan C10 hingga C13. Nomor urut panggilan B10 hingga B13 digunakan untuk mengantri pada loket pembayaran di Kantor Imigrasi. Karena saya telah membayar lunas sebelum kedatangan ke Kantor Imigrasi, maka pada bagian ini saya hanya cukup menyerahkan Bukti Pembayaran BNI untuk ditukarkan dengan Kuitansi Pembayaran dari pihak Kantor Imigrasi.

Dari loket pembayaran, kami pun berpindah ke loket sebelah untuk sesi pengambilan Foto. Di sini, nomor urut panggilan C10 hingga C13 yang kami miliki pun digunakan. Dari proses Foto, langsung diteruskan dengan sesi Wawancara yang bersampingan. Setelah proses Wawancara, kita kemudian diberikan Bukti Pengambilan Paspor (ada stempel, tanggal dan waktu pengambilan). Pada pengalaman saya, proses Foto dan Wawancara berlangsung pada tanggal 28 Maret 2014 dan diminta datang kembali pada tanggal 07 April 2014 untuk mengambil Paspor, berarti kurang lebih 9-10 hari prosesnya.

Demikianlah pengalaman yang saya dan keluarga lalui untuk membuat Paspor. Semoga kiranya pengalaman ini bisa membantu dan memberikan manfaat bagi teman-teman semua, amin!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s