Target Kunjungan Wisatawan Tahun 2013, Tercapaikah?

Saya tertarik untuk membahas artikel berita ini (yang seharusnya menjadi headlines) karena ia adalah tujuan besar dari keberadaan situs Indonesia Travel. Adalah artikel berita tersebut berjudul “Targetkan 9 Juta Kunjungan Wisatawan pada 2013”Berikut dua paragraf paling atas ingin saya kutip:

“Meskipun kondisi ekonomi global saat ini belum stabil, Indonesia menargetkan kunjungan wisatawan antara 8.500.000 sampai 9.000.000 pada 2013. Hal ini seperti ditegaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu berdasarkan peningkatan signifikan antara 7% – 12,5% dari 8 juta kedatangan internasional pada 2012. Penetapan target ini mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi domestik sekaligus potensi kenaikan pendapatan perkapita dan daya beli masyarakat khususnya di kawasan Asia Pasifik.

Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Esthy Reko Astuti, juga senada mengutarakan bahwa target Indonesia untuk menjaring sembilan juta wisatawan mancanegara sepanjang 2013 sudah sangat realistis. Target sembilan juta wisman itu sekaligus akan menjadi batu loncatan bagi Indonesia untuk mencapai target baru kunjungan 10 juta wisman pada 2014.“

Sekali lagi, otak di kepala saya menggelitik untuk bertanya, tercapaikah target pemerintah tersebut? Tertarik untuk saya ketahui karena tahun 2013 baru saja berlalu dari hadapan kita saat ini.

Sumber Foto: Web Indonesia Travel

Maka berjalanlah saya menuju situs Badan Pusat Statistik (BPS) sejenak. Di bagian Jumlah Kedatangan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Menurut Pintu Masuk, 2013, saya menemukan data-datanya. Update data yang masuk memang baru sampai dan berhenti di bulan September 2013, tetapi sudah cukup rasanya bagi kita untuk berhitung-hitung. Hingga bulan tersebut (September 2013), jumlah wisatawan yang telah mengunjungi Indonesia adalah 6.38 juta wisman. Bila membandingkan dengan jumlah wisawatan pada tahun 2012, maka ada kenaikan sebesar 8.18% dari 5.89 juta wisman (juga hanya dihitung sampai bulan September). Kalau begitu, artinya pemerintah telah berhasil mencapai targetnya? Tunggu dulu, hitungannya belum selesai.

Sumber Foto: Web Badan Pusat Statistik

Ada sisa 3 bulan data lagi yang belum ada untuk menggenapkan tahun 2013. Sekali lagi mari kita bermain angka, mencoba memprediksi 3 bulan tersebut dari data-data yang ada sementara. Bila selama 9 bulan (Januari hingga September) jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia sebesar 6.38 juta wisma, itu berarti rata-rata per bulannya ada 709 ribu wisman yang datang. Kita buat sederhana saja, 709 ribu wisman tersebut dikalikan 12 agar genap menjadi setahun, maka akan kita dapatkan prediksi atau perkiraan sementara, kunjungan wisatawan mancanegara selama tahun 2013 adalah 8.46 juta wisman.

Aww… kalaulah hitung-hitungan saya tersebut benar adanya, atau hanya meleset sedikit, maka itu berarti pemerintah dan kita semua telah “sedikit gagal” mencapai target yang maksimal (yaitu 9 juta wisman) untuk menggoda para wisatawan mancanegara berkunjung ke negeri yang kita cintai ini. Kalaulah sudah begitu faktanya, maka kerja lebih keraslah yang kita butuhkan untuk mewujudkan target pada tahun ini. 10 juta wisman yang ingin kita “undang” untuk berwisata ke Indonesia pada tahun 2014, sanggupkah pemerintah? Sanggupkah kita berperan serta?

———————————————————————–

*Pernah ditayangkan di Kompasiana

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s