Tips Menjual Barang Tak Terpakai Anda Di Internet (Bag. 2)

Kalau pada artikel Tips Menjual Barang Tak Terpakai Anda Di Internet (Bag. 1) saya membahas mengenai Infentarisir Barang Tak Terpakai/Barang yang Hendak Dijual, maka  pada bagian ini bahasan selanjutnya adalah mengenai Cara dan Tips Mempromosikan Barang Tak Terpakai/Barang yang Hendak Dijual di Internet.

———————————————————————–

2. Promosikan Barang di Internet

Agar calon pembeli tahu bahwa kita sedang menjual suatu barang, maka langkah selanjutnya yang harus kita tempuh sebagai penjual adalah mempromosikan barang dagangan tersebut. Di mana mempromosikannya? Berapa tarif promosinya? Apa saja yang dibutuhkan? Bagaimana caranya? Wuih, banyak amat pertanyaannya, tapi semuanya memang penting untuk dijawab dan diketahui.

A. Tempat Mempromosikan Barang

Yang perlu kita cari adalah situs Jual-Beli Online. Kenapa jual-beli? Karena dengan demikian, kita sebagai user atau pengguna situs tersebut bisa menggunakan fasilitas dan memposisikan sebagai pembeli (buyer) maupun sebagai penjual (seller) dengan sesama pengguna yang lain. Situs seperti ini biasanya hanya menjadi fasilitator saja yang menyediakan web bagi para penggunanya sebagai tempat seperti layaknya pasar bagi orang-orang untuk berjual-beli di sana.

Situs-situs apa saja itu? Alamatnya?

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, situs yang terpercaya, banyak dikunjungi orang, dan sering saya jadikan sebagai tempat mempromosikan atau membuat iklan barang dagangan adalah:

Kaskus FJB (Forum Jual-Beli) – www.kaskus.co.id/fjb

BukaLapak – www.bukalapak.com

Berniaga – www.berniaga.com

TokoBagus – www.tokobagus.com

Selain situs di atas, ada juga situs-situs lain seperti bejubel.com, ekiosku.com, marketnesia.com, TokoOne.com, dan lain-lainnya. Saya sendiri belum pernah mencobanya, silahkan kalau Anda ingin nge-tes berjualan di sana, selama tetap berhati-hati tentunya!

B. Tarif Promosi Barang

GRATIS alias FREE! Diingat ya, jadi kalau ketemu situs jual-beli online yang meminta bayaran dari Anda untuk memasang iklan barang dagangan, jangan dipilih! Ga perlu pakai bayar-bayaran segala, masih banyak yang gratisan hehehe.

C. Yang Dibutuhkan Untuk Mempromosikan Barang

Yang dibutuhkan adalah data-data pada point 1A hingga 1E yang tadi kita bahas di atas mengenai infentarisir barang yang hendak Anda jual. Hanya butuh satu tambahan lagi yaitu, Foto Barang. Hal ini sangatlah diperlukan agar calon pembeli bisa melihat barang yang Anda jual. Semakin baik kualitas foto yang dihasilkan tentu akan semakin menarik bagi calon pembeli ketika melihatnya. Kalau Anda tidak memiliki kamera foto, Anda juga bisa menggunakan kamera dari HP Anda. Tidak perlu banyak-banyak, karena beberapa situs jual-beli online membatasi jumlah foto yang akan diupload atau dipasang nantinya. Ambillah foto dari beberapa angle atau sudut yang berbeda agar terlihat lebih menarik. Ingat, jangan pernah memalsukan foto dengan mengedit bagian-bagian yang rusak atau jelek hanya agar terlihat mulus, cukup tampilkan saja kondisi barang sebenarnya pada foto Anda.

D. Cara Memasang Iklan Barang

Lho, masih belum bisa juga? Hihihihi… iya gpp pak, bu, saya akan beri tahu caranya juga, nanggung ya kalo cuma kasih info dan tips tapi tidak memberi tahukan caranya.

Di sini, saya hanya akan membatasi cara memasang iklan pada empat situs jual-beli online yang saya sebut di atas. Penjelasannya juga singkat saja, karena kalau mau dipanjangkan malah bisa menjadi satu artikel lagi hehehehe. Ohya, satu hal yang sangat Anda butuhkan untuk menjadi penjual di situs jual-beli online adalah email, akan lebih baik lagi kalau Anda juga memiliki akun Facebook. Jadi kalau belum memilikinya, buat dulu. Layanan email yang paling banyak dipakai orang adalah Yahoo! Mail dan Gmail (Google Mail). Ok, sekarang saya jelaskan bagaimana cara memasang iklan barang dagangan Anda.

Kaskus FJB – Silahkan buka www.kaskus.co.id/fjb. Registrasi dulu di sana agar Anda memiliki akun sendiri. Klik tulisan Not a Member pada pojok kanan atas. Setelah sign-up, biasanya Anda akan diminta untuk konfirmasi melalui email yang Anda daftarkan. Kalau sudah dilakukan, buka kembali alamat situs di atas. Klik pada tulisan Start Selling di sebelah kanan agak di atas, ketemu? Pilih kategori barang yang hendak Anda jual, dari mulai Alat-Alat Musik hingga Video Games, lalu pilih juga subkategori-nya kalau ada, barulah tekan Next step. Nah, Anda sudah masuk pada bagian pemasangan iklan. Silahkan masukkan data yang diminta seperti Title, Condition, Price, Description, Upload image, Tags, Location, dll. Jangan lupa Verification dengan memasukkan kode Captcha yang diminta, lalu tekan Submit. Selamat, iklan Anda (kalau di Kaskus namanya Thread) berhasil dibuat.

Catatan: Bagi Anda yang newbie, masih baru dalam dunia internet alias gaptek, saya sarankan untuk banyak belajar agar bisa berjualan dengan baik di Forum Kaskus. Di sini banyak istilah yang mungkin Anda tidak akan mengerti; ada cendol, bata, pangkat, reputasi, sundul-sundulan, rekber dll yang akan mempengaruhi kesuksesan Anda menjadi penjual di sana. Hayo dimulai belajar dari sekarang 😉

BukaLapak – Silahkan buka www.bukalapak.com. Registrasi dulu di sana agar Anda memiliki akun sendiri. Klik tulisan DAFTAR pada kanan atas. Setelah itu, biasanya Anda akan diminta untuk konfirmasi melalui email yang Anda daftarkan. Kalau sudah dilakukan, buka kembali alamat situs di atas. Klik pada tulisan Jual Barang di sebelah kiri agak di atas, ketemu? Pilih kategori barang yang hendak Anda jual, dari mulai Sepeda hingga Onderdil Motor, lalu pilih juga subkategori-nya. Nah, Anda sudah masuk pada bagian Isi Data Barang. Silahkan masukkan data yang diminta seperti Nama Barang, Kondisi, Harga (rupiah), Perkiraan Berat, Stok dll. Jangan lupa tuliskan dengan lengkap Deskripsi barang yang hendak Anda jual dan masukkan foto barang tersebut. Terakhir, tinggal Anda klik tulisan Simpan. Selamat, iklan Anda telah terpasang!

Catatan: Sebenarnya berjualan di sini termasuk aman, karena penjual dan pembeli mau tidak mau harus menggunakan rekening bersama milik BukaLapak.com bila ingin bertransaksi. Hanya saja, susahnya di sini kita dilarang mencantumkan alamat (termasuk email, situs, forum, & social network) dan nomor kontak dalam pesan atau dalam iklan. Kita juga harus memiliki rekening bank untuk bertransaksi di sini.

Berniaga – Silahkan buka www.berniaga.com. Enaknya di sini, Anda tidak perlu harus mendaftar untuk mendapatkan akun, cukup Login dengan Facebook (lihat pojok kanan atas, klik tulisan Login). Sudah masuk dengan akun FB Anda? Sekarang klik Pasang Iklan di kanan atas dengan kotak warna kuning. Nah, Anda sudah masuk pada Pemasangan Iklan. Pertama, masukkan Data Iklan yang diminta. Silahkan isi Pasang iklan sebagai, Kategori, Kondisi, Judul, Teks iklan, Harga dan terakhir Upload gambar barang yang Anda jual. Kedua, masukkan Data Pribadi Anda di bawahnya. Lihat apa masih ada bagian yang dicontreng merah, kalau ada berarti harus diisi. Di sini, selain Nomor telepon, kita bisa juga memasukkan Blackberry PIN untuk kelancaran berkomunikasi dengan calon pembeli, terserah Anda ingin menggunakannya atau tidak. Selesai? Klik Lanjutkan pada bagian bawah. Sekarang Anda masuk pada bagian Peninjauan Iklan. Kalau serasa sudah cukup, teruskan meng-klik Kirim Iklan, atau Anda bisa kembali meralatnya dengan meng-klik Edit Iklan. Tunggulah hingga Anda diberi tahukan bahwa iklan Anda tersebut telah terpasang di Berniaga. Kalau nanti iklan Anda gagal dipasang, sebaiknya perhatikan alasan yang diberi tahukan oleh pihak Berniaga, apa karena kategori yang Anda pilih tidak tepat, atau karena alasan lainnya. Ulangi kembali membuat iklan, kali ini dengan hati-hati dan tanpa salah. Done!

Catatan: Untuk para newbie, saya sangat menyarankan untuk beriklan di sini, dan di TokoBagus, karena kemudahannya. Hanya saja di Berniaga, tidak ada fitur untuk mengedit bila iklan telah terpasang. Anda terpaksa harus menghapus iklan yang lama terlebih dahulu.

TokoBagus – Silahkan buka www.tokobagus.com. Enaknya di sini, Anda tidak perlu harus mendaftar untuk mendapatkan akun, cukup LOGIN WITH facebook (lihat bagian atas, klik tulisan Login). Sudah masuk dengan akun FB Anda? Sekarang klik + Pasang Iklan Gratis di kanan atas dengan kotak warna biru. Nah, Anda sudah masuk pada Pasang Iklan. Silahkan isi Tipe Iklan, Judul, Kategori, Harga (Rp.), Kondisi dll, dan terakhir Upload Foto barang yang Anda jual. Di sini juga ada fasilitas Promopoin, yang ini berbayar ya, tolong dicatat! Gunanya agar iklan Anda lebih gress dibanding dengan iklan yang gratisan. Tapi jangan takut, yang gratisan juga dilihat banyak orang kok heheheeh. Selesai? Klik Simpan pada bagian bawah. Tunggulah hingga Anda diberi tahukan bahwa iklan Anda telah terpasang di TokoBagus. Kalau nanti iklan Anda gagal dipasang, sebaiknya perhatikan alasan yang diberi tahukan oleh pihak TokoBagus, apa karena kategori yang Anda pilih tidak tepat, atau karena alasan lainnya. Ulangi kembali membuat iklan, kali ini dengan hati-hati dan tanpa salah. Done!

Catatan: Untuk para newbie, saya sangat menyarankan untuk beriklan di sini, dan di Berniaga, karena kemudahannya. Kelebihan TokoBagus, ada fitur untuk mengedit walaupun iklan tersebut telah terpasang. Ini berguna untuk menaikkan iklan Anda ke permukaan, bila sudah lama belum laku juga, agar peluangnya untuk dilihat calon pembeli lebih baik lagi.

Dan sebagai catatan penting: Berikanlah informasi yang lengkap dan benar mengenai barang yang hendak Anda jual!

———————————————————————–

Bersambung ke Tips Menjual Barang Tak Terpakai Anda Di Internet (Bag. 3)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s